Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berkerangka Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP

Kasmawati, (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berkerangka Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43083.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Materi prisma dan limas sering dianggap sulit oleh siswa, khususnya ketika disajikan dalam bentuk soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Salah satu penyebabnya, mereka belum mampu mengkonstruksi rumus-rumus dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan LKS berkerangka Problem Based Learning materi prisma dan limas yang layak ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diujicobakan pada siswa kelas VIII SMPN 4 Labuhan Badas yang berjumlah 57 siswa. Produk yang dilcembangkan bernpa 6 RPP dan 6 LKS materi prisma dan limas berkerangka problem based learning. Pengembangan produk dirancang menurut tahap-tahap model pengembangan 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (deisiminate). Instrumen yang dignnakan dalam penelitian ini adalah Iembar penilaian RPP dan LKS untuk dosen ahli dan guru matematika, lembar penilaian siswa, Iembar penilaian guru terhadap LKS, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes basil bela jar bentuk pilihan ganda dan bentuk uraian. Hasil analisis data menunjukkan kualitas produk berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata total penilaian validator adalah 171 dan LKS memeuuhi kriteria baik dengan skor rata-rata penilaian validator 128. Aspek kepraktisan herdasarkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria baik, persentase keterlaksanaan pembelajaran 85,2%, dan berdasarkan penilaian guru memenuhi kriteria san gat baik. Aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar 82,46%, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan. Beradasarkan basil analisis data maka RPP dan LKS yang dikembangkan layak digunakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43083.pdf
Uncontrolled Keywords: RPP, LKS, pengembangan, problem based learning, prisma dan limas, Lesson plan, student worksheet, development, prism and pyramid
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.8 Students (Siswa, Murid, Pelajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:54
Last Modified: 14 Jan 2019 09:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item