Andayani, Sri (2017) Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43069.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan indicator prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan,sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas di unit rawat inap Klinlk Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kab. Berau. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan secara cross sectional dengan menggunakan kuesioner, untuk menganalisis hubungan antara dua variable atau lebih.Sampel yang diambil sebanyak 85 responden dari para pasien rawat inap yang berada di Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kab. Berau dengan pendekatan Probability Sampling. Secara umum penilaian terhadap variable pelayanan adalah memuaskan karena mayoritas responden menanggapi variable prosedur pelayanan sebesar (85,9%), waktu penyelesaian (91,8%), biaya pelayanan (90,6%), produk pelayanan (97,6%), sarana dan prasarana (83,5%), kompetensi petugas (84,7%) cukup baik. Untuk variabel kepuasan pasien sendiri responden menanggapi pelayanan di Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau adalah memuaskan (sebesar 72,9%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,027 + 0,069 X1 + 0,120X2 + 0,352X3 + 0,110X4 + 0,119 X5 + 0,063 X6. Hasil uji determinasi diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,632. Hal ini berarti sebesar 63,2 persen variable kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variable prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana dan kompetensi petugas. Hasil uji E diperoleh p value = 0,000 < 0,05, sehingga terbukti bahwa variabel prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau.
Actions (login required)
View Item |