Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau

Andayani, Sri (2017) Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43069.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan indicator prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan,sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas di unit rawat inap Klinlk Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kab. Berau. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan secara cross sectional dengan menggunakan kuesioner, untuk menganalisis hubungan antara dua variable atau lebih.Sampel yang diambil sebanyak 85 responden dari para pasien rawat inap yang berada di Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kab. Berau dengan pendekatan Probability Sampling. Secara umum penilaian terhadap variable pelayanan adalah memuaskan karena mayoritas responden menanggapi variable prosedur pelayanan sebesar (85,9%), waktu penyelesaian (91,8%), biaya pelayanan (90,6%), produk pelayanan (97,6%), sarana dan prasarana (83,5%), kompetensi petugas (84,7%) cukup baik. Untuk variabel kepuasan pasien sendiri responden menanggapi pelayanan di Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau adalah memuaskan (sebesar 72,9%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,027 + 0,069 X1 + 0,120X2 + 0,352X3 + 0,110X4 + 0,119 X5 + 0,063 X6. Hasil uji determinasi diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,632. Hal ini berarti sebesar 63,2 persen variable kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variable prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana dan kompetensi petugas. Hasil uji E diperoleh p value = 0,000 < 0,05, sehingga terbukti bahwa variabel prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Klinik Bersalin Spesialis Kebidanan dan Anak Kabupaten Berau.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43069.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas,kepuasan konsumen, service quality, procedure of service, time of completion, cost of service, product services, facilities and infrastructure, and the competence of personnel, customer satisfaction
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 353.6 Administration of Health Services (Departemen Kesehatan (Depkes))
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:14
Last Modified: 26 Nov 2018 06:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7659

Actions (login required)

View Item View Item