Meningkatkan Kemampuan Geometri Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Van Hiele Pada Siswa Kelas VIlA SMP Negeri 1 Moyo Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016

Sopian, (2017) Meningkatkan Kemampuan Geometri Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Van Hiele Pada Siswa Kelas VIlA SMP Negeri 1 Moyo Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43112.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar geometri yang disebabkan oleh penerapan pendekatan dan metode mengajar yang kurang tepat dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, menerapkan pendekatan saintifik berbasis Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan geometri siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan geometri melalui pendekatan saintiftk berbasis Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu bentuk nonequivalent control group design terhadap kelas VII SMP Negeri 1 Moyo Hulu dengan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan pendekatan saintifik berbasis Van Hiele, kelas VIIB sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan pendekatan saintifik, dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari hasil pretes, pastes, dan lembar observasi. Selanjutnya data dianalisis dengan score gain ternormalisasi serta diuji dengan uji anova satu jalur dan one sample i-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada perbedaan kemampuan geometri yang signifikan antara siswa kelas dengan pembelajaran pendekatan saintifik berbasis Van Hiele, pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada uji anova satu jalur, 2) Ada peningkatan kemampuan geometri yang signifikan pada siswa kelas dengan pembelajaran pendekatan saintifik berbasis Van Hiele, pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada uji one sample t-test score gain temormalisasi, dan 3) Ada perbedaan peningkatan kemampuan geometri yang signifikan antara siswa kelas dengan pembelajaran pendekatan saintifik berbasis Van Hiele, dan pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada uji anova satu jalur score gain temormalisasi. Dengan dernikian, dalam pembelajaran geometri disarankan untuk menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis Van Hiele agar kemampuan geometri siswa dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43112.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Geometri, Peodekatan Saintifik, dan Berbasis Van Hiele, Geometry's Mastery, Scientific Approach, and Van Hiele Base
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Nov 2018 01:19
Last Modified: 29 Nov 2018 01:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7681

Actions (login required)

View Item View Item