Pengaruh Penerapan Pembelajaran Modifikasi Conceptual Understanding Procedures (M-CUPs) Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP

Kurniawati, Euis (2013) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Modifikasi Conceptual Understanding Procedures (M-CUPs) Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41046.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah suatu penelitian dengan disain pretes-postes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan untuk menganalisis penerapan pembelajaran modifikasi Conceptual Understanding Procedures (M-CUPs) dan kemampuan awal matematik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Subyek penelitian ini adalah 130 orang siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol (konvensional). Kelas eksperimen M-CUPs terdiri dari 44 siswa, kelas eksperimen Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terdiri dari 44 siswa, dan kelas kontrol terdiri dari 42 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematik yang valid dan reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov (uji Z), tes Levene (uji F), anava satu jalur, anava dua jalur, dan uji post hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa M-CUPs memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa daripada CUPs dan pembelajaran konvensional. Fenomena tersebut terjadi pada seluruh siswa, termasuk siswa dengan kemampuan awal matematik (KAM) tinggi dan rendah. Penelitian ini juga meyimpulkan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41046.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematical communication ability, modification of conceptual understanding procedures (m-cups) learning, kemampuan komunikasi matematik, pembelajaran modifikasi conceptual understanding procedures (m-cups)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 515.6 Other Analytic Methods/Metode Analitik Lainnya
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:36
Last Modified: 11 Jan 2019 04:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item