Selanno, Fredrik (2017) Efektivitas Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Klablim Kota Sorong Papua Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43287.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis cara menciptakan keefektifan pembelajaran, upaya meningkatkan pembelajaran siswa terhadap mata pelajaran sains, apakah pembelajaran sains memiliki dampak positif terhadap perubahan perilaku dan faktor perilaku yang mempengaruhi keefektifan belajar,kemampuan memahami mata pelajaran sains dan perubahan perilaku siswa. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan metode kualitatif,dimana data dikumpulkan dan dianalisis, dengan cara mereduksi, mempresentasikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif,perlu didukung oleh lingkungan belajar, kemampuan mengajar guru dalam pengajaran dan fasilitas yang memadai serta keija sama yang baik antara guru dan peserta didik. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memahami subjek sains dan perubahan perilaku siswa yakni lingkungan keluarga, teman sebaya, waktu belajar, pengetahuan dan ketrampilan guru, perhatian dan wali kelas.
Actions (login required)
View Item |