Efektivitas Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Klablim Kota Sorong Papua Barat

Selanno, Fredrik (2017) Efektivitas Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Klablim Kota Sorong Papua Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43287.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis cara menciptakan keefektifan pembelajaran, upaya meningkatkan pembelajaran siswa terhadap mata pelajaran sains, apakah pembelajaran sains memiliki dampak positif terhadap perubahan perilaku dan faktor perilaku yang mempengaruhi keefektifan belajar,kemampuan memahami mata pelajaran sains dan perubahan perilaku siswa. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan metode kualitatif,dimana data dikumpulkan dan dianalisis, dengan cara mereduksi, mempresentasikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif,perlu didukung oleh lingkungan belajar, kemampuan mengajar guru dalam pengajaran dan fasilitas yang memadai serta keija sama yang baik antara guru dan peserta didik. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memahami subjek sains dan perubahan perilaku siswa yakni lingkungan keluarga, teman sebaya, waktu belajar, pengetahuan dan ketrampilan guru, perhatian dan wali kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43287.pdf
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran,guru, peningkatan, kemampuan, pemahaman, sains, perilaku , siswa, sekolah dasar dan perubahan, effectiveness, learning, teacher, improvement, ability, behavioral changes, science, elementary school
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam)
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam) > 502 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 28 Dec 2018 09:11
Last Modified: 28 Dec 2018 09:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7883

Actions (login required)

View Item View Item