Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa MTs

Bashir, Ahmad (2017) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa MTs. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43239.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode Eksperimen untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa MTs. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan inkuiri terbimbing dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2).Peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah yang memperoleh pendekatan inkuiri terbimbing (3). Interaksi an tara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan koneksi dan komuniksi matematis siswa (4). Sikap siswa terhadap terhadap pembelajaran matematika siswa yang memperoleh pendekatan inkuiri terbimbing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs di Kecamatan Periuk Kota Tangerang dengan mengambil 2 kelas dari kelas VIII yang ada di MTs Al-Hidayah Sangiang Jaya Kota Tangerang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kemampuan awal matenatis siswa, soal tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa dan angket sikap yang digunakan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui peningkatan yang lebih baik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan Anova dua jalur dengan uji Scheffe untuk mengetahui peningkatan yang lebih baik antara kelompok tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada sekolah level tinggi maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Peningkatan kemampuan koneksi kelompok sedang lebih baik dari kelompok rendah sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi siswa kelompok sedang lebih baik dari kelompok tinggi dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan tidak adanya interaksi yang signifikan antara kategori KAM dengan kategori pembelajaran terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dari siswa yang mengikuti pembelaj aran dengan konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43239.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendekatan lnkuiri Terbimbing, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Konmunikasi Matematis, Sikap Siswa, The guidance inquiry approachment, the ability of math's connections, the ability of math's communications, the students's attitude
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:01
Last Modified: 18 Feb 2019 03:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7934

Actions (login required)

View Item View Item