Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Dasar Di Desa Agel

Handayani, Sri Astutik (2017) Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Dasar Di Desa Agel. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43215.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah persepsi anak tentang kurangnya kepedulian orang tua dan motivasi belajar yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara persepsi anak tentang kepedulian orang tua dan motivasi belajar dengan basil belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Desa Agel dengan populasi berjumlah 35 responden. Variabel bebas pada penelitian ini adalah persepsi anak tentang kepedulian orang tua dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data variabel bebas menggunakan kuesioner (angket) dan instrumen pengumpul data berupa kuesioner dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam mencari korelasi menggunakan rum.us korelasi ganda dengan hasil korelasi antara X1 (persepsi anak tentang kepedulian orang tua) dan X2 (motivasi belajar) dengan Y (hasil belajar) adalah 0,696. Berdasarkan tabel 3.3 korelasi tersebut merupakan korelasi pada tingkat hubungan kuat. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan nilai uji F yang dibandingkan dengan nilai tabel F diperoleh basil nilai hitung f lebih besar dari nilai tabel f, karena fhitung >ftabe1 yaitu 21,584>4,180 (dengan a.=0,05)artinya korelasi positif. Dengan demikian, ada korelasi positif antara persepsi anak tentang kepedulian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas 4 Sekolah Dasar di Desa Agel. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara persepsi anak tentang kepedulian orang tua dan basil belajar, ada korelasi positif antara motivasi belajar dan basil belajar, ada korelasi positif antara persepsi anak tentang kepedulian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43215.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, parental concern, learning motivation,hasil belajar, kepedulian orang tua, motivasi belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 Mar 2019 07:43
Last Modified: 26 Mar 2019 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8100

Actions (login required)

View Item View Item