Perbedaan Metode Mencatat Mind Map dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 3 SD Swasta di Bogor

Widhiasih, Yuliana Kurnia (2017) Perbedaan Metode Mencatat Mind Map dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 3 SD Swasta di Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43444.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tehnik mencatat stswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilihat dari basil belajar. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas 3 salah satu SD swasta di Bogor yang berjumlah 59 anak terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok eksperimen adalah kelas 3 A yang berjumlah 29 anak dan 3B sebanyak 30 anak sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan mencatat Mind Map sebanyak 6 x sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan (mencatat seperti yang biasa dilakukan yaitu secara konvensionaVlinier). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan basil belajar antara siswa yang mencatat dengan Mind Map dan siswa yang mencatat konvensional (linier).Validitas tes ujicoba menunjukkan 31 dari 50 soal dinyatakan valid. Sedangkan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha adalah sebesar 0,869 sehingga berada pada tingkat keterandalan yang tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-T. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang positif dan significan yang ditunjukkan dengan uji T antara kelompok eksperimen yaitu T = -6.092 dengan kelompok kontrol T = -3.858. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima bahwa terdapat perbedaan basil belajar yang positif dan signifikan pada tehnik mencatat siswa dengan menggunakan metode Mind Map dan metode konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43444.pdf
Uncontrolled Keywords: Mind Map, mencatat konvensional, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:01
Last Modified: 15 May 2019 02:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

View Item View Item