Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Globalisasi di Sekolah Dasar

Wartini, Iis (2017) Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Globalisasi di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43479.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran dasar yang ada diseluruh jenjang pendidikan sekolah mulai dari SO, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Pada kenyataanya masih banyak siswa yang mengganggap pelajaran lPS merupakan pelajaran yang membosankan karena materinya sangat luas dan banyak hapalannya sehingga berdampak padabasil belajar dan keaktifan siswa itu sendiri. Penerapan model Kooperatif Tipe Snowball Throwing berbantuan media visual merupakan salah satu altematif untuk meningkatkan pembelajaran pemahaman dan keaktifan siswa dalam materi g lobalisasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Sampel penelitian ini adalah siswa SON Dayeuhkolot 04 kelas VJA sebagai kelas eksperimen dan kelas VJB sebagai kelas control. Penelitian ini dilaksanakan selama lima pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, serta pcngelolaan dan analisis data. Penelitian ini menggunakan dua variabel yang terdiri atas metode snowball throwing berbantuan media visual sebagai variabel bebas dengan pemahaman dan keaktifan siswa sebagai variable terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, observasi, angket siswa dan wawancara dengan guru. Tnstrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni soal tes dan pedoman observasi. Analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian keaktifan siswa melalui observasi s iswa dengan menerapkan model snowball throwing berbantuan media visual, pada pertemuan I sampai dengan V terdapat peningkatan keaktifan siswa dari 32,67% (kategori tidak aktif) menjadi scbesar 87,33% (kategori aktif). Sedangkan kemampuan pemahaman materi globaliasi dengan melihat hasil skor rata-rata pretes sebesar 25,00 dan skor rata-rata postes sebesar 88,33. Berdasarkan hasil observasi tersebut terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dari setiap pertemuan, sedangkan perbedaan signifikan kemampuan pemahaman sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe snowball throwing terlihat dari hasil uji t berpasangan (paired t-Les) sebesar 3 1,06 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,042 atau ni!ai p value (asymp.sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai a = 0,05.Respon siswa terhadap model kooperati f Snowball Throwing berbantuan media visual baik, karena 93,33% respon siswa positif artinya hampir seluruh siswa menyatakan respon baik terhadap model kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media visual. Simpulan pada penelitian ini yakni Penerapan Kooperatif Tipe snowball throwing berbantuan media visual dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa dalam pembelajaran globalisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43479.pdf
Uncontrolled Keywords: pemahaman, keaktifan, media visual, model Snowball Throwing.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:03
Last Modified: 15 Apr 2019 09:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item