Herawati, Retno (2018) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Siswa Kelas V pada Gugus IV Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43590.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Hasil pembelajaran keterampilan menulis siswa di SDN Gugus IV yang terdiri dari 8 SD, yakni SDN Gempol dengan KKM 70, SDN Mungkung I dengan KKM 75, SDN Mungkung 2 dengan KKM 75, SDN Setren dengan KKM 70, SDN Sukorejo 1 KKM 75, SON Sukorejo 2 dengan KKM 75, SON Sidokare 1 dengan KKM 70 dan SON Sidokare 2 dengan KKM 75, dan rata-rata KKM Gugus IV 75 sedangkan hasil belajar menulis masih di bawah KKM (75). Padahal selama ini sudah disediakan fas ilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Beberapa penyebab rendahnya keterampilan menulis adalah kurangnya motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam belajar menulis, jika motivasi belajar timbul, besar kemungkinan hasil belajar keterampilan menulisnya meningkat dan keaktifan belajar siswa sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis . Keaktifan belajar siswa bisa diwujudkan dengan adanya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : ( 1) untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas V di SON Gugus IV Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, (2) untuk menganalisis hubungan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar keterampilan menulis pada siswa kelas V di SON Gugus IV Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, (3) untuk menganalisis hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasi l belajar keterampilan menulis siswa kelas V di SDN Gugus IV Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penel itian ini adalah keseluruhan siswa kelas V yang ada di SON Gugus IV Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017-20 18 yang berjumlah 155 s iswa, sedangkan sampel pada penditian ini adalah 47 siswa, dengan teknik pengambilan data menggunakan angket ctan dokumentasi. Hasil penelitian hubungan antara hasil belajar dengan motivasi belajar sebesar 0.773** artinya bahwa motivasi berpengaruh kuat terhadap hasil belajar, karena nilai 0,773 lebih besar dengan taraf signifikan 0,5, sedangkan tanda ** mempunyai arti semakin tinggi motivasi belajar seseorang semakin tinggi hasil belajar seseorang, dan temyata ada hubungan sebesar 0,838 angka ini lebih besar dari taraf signifikan 0,5 dan juga dengan tanda ** pada 0,838** dapat diartikan semakin siswa itu aktif belajar semakin tinggi hasil belajarnya, sekaligus ada hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan basil belajar keterampilan menulis siswa kelas V di SON Gugus IV Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43590.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Keterampilan Menulis, Learning Motivation, Learning Activity, Learning Outcomes of Writing Skills |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education (Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 09:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 09:01 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8172 |
Actions (login required)
View Item |