Musyadad, Vina Febiani (2017) Penerapan Model Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Lingkaran Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43482.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Mata Pelajaran Matematika masih menjadi pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Namun seiring berkembangnya pendidikan banyak model-model pembelajaran yang membuat matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan di pelajari oleh siswa. Salah satu model yang lebih mudah dan menyenangkan adalah SSCS (search, solve, create and share) tugas akhir inimembahas tentang: bagaimana profil berpikir kreatif melalui model SSCS, perbedaan peningkatan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas SSCS dan konvensional serta peningkatan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan desaian penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SDN Melong Asih 7. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil berpikir kreatif melalui model SSCS mengalami perubahan yang dapat dilihat dari aktivitas siswa dan perilaku siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kemudian terjadi perbedaan peningkatan berpikir kreatif antara kelas model SSCS dan konvensional yang dapat dilihat dari hasil pretes dan postes, kemudian dihitung nilai gainnya menggunakan uji t. Hasil nilai gain yang diperoleh pada kelas SSCS yaitu sebesar 0,6769, yang berarti terjadi peningkatan berpikir kreatif lebih besar dari siswa yang belajar matematika melalui SSCS kemudian nilai gain pada kelas konvesional yaitu sebesar 0,3727. Setelah dihitung menggunakan uji t, maka hasilnya terdapat perbedaaan peningkatan berpikir kreatif antara kelas SSCS dengan konvensional dan yang terakhir terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa kelas SSCS yang dapat dilihat dari cara perilaku dan berpikir siswa dalam mengikuti pelajaran matematika disetiap harinya.
Actions (login required)
View Item |