Penerapan Model Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Lingkaran Kelas V

Musyadad, Vina Febiani (2017) Penerapan Model Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Lingkaran Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43482.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Mata Pelajaran Matematika masih menjadi pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Namun seiring berkembangnya pendidikan banyak model-model pembelajaran yang membuat matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan di pelajari oleh siswa. Salah satu model yang lebih mudah dan menyenangkan adalah SSCS (search, solve, create and share) tugas akhir inimembahas tentang: bagaimana profil berpikir kreatif melalui model SSCS, perbedaan peningkatan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas SSCS dan konvensional serta peningkatan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan desaian penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SDN Melong Asih 7. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil berpikir kreatif melalui model SSCS mengalami perubahan yang dapat dilihat dari aktivitas siswa dan perilaku siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kemudian terjadi perbedaan peningkatan berpikir kreatif antara kelas model SSCS dan konvensional yang dapat dilihat dari hasil pretes dan postes, kemudian dihitung nilai gainnya menggunakan uji t. Hasil nilai gain yang diperoleh pada kelas SSCS yaitu sebesar 0,6769, yang berarti terjadi peningkatan berpikir kreatif lebih besar dari siswa yang belajar matematika melalui SSCS kemudian nilai gain pada kelas konvesional yaitu sebesar 0,3727. Setelah dihitung menggunakan uji t, maka hasilnya terdapat perbedaaan peningkatan berpikir kreatif antara kelas SSCS dengan konvensional dan yang terakhir terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa kelas SSCS yang dapat dilihat dari cara perilaku dan berpikir siswa dalam mengikuti pelajaran matematika disetiap harinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43482.pdf
Uncontrolled Keywords: SSCS (Seacrh, Solve, Create and Share), Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar Siswa.SSeS (search, solve, create and share SSeS) model, creative thinking, Mathematics, Students' autonomous.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:01
Last Modified: 15 Apr 2019 09:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item