Dwistanti, Suciati Gita (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43531.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap guru-guru SO di Gugus 4 Kecamatan Ciputat. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling sejumlah 114 guru dari total guru SO 285 guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian diolah dengan menggunakan metode analisis regresi tinier berganda ditabulasikan dengan program SPSS for Windows versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SO, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian nilai Fh itung> F1abel(33 ,050 > 3,08); (2) terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SO, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis nilai th itung> t1abel (5,21 7 > I ,98); (3) terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SO, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis nilai thitung>t1abel (4, 91 > 1,98). Persamaan analisis regresi linier ganda yang diperoleh yakni : Y = 73 ,06 + 0, 795 X I + 0,808 X 2. Regresi positif menunjukkan hubungan yang searah seh ingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional dan motivasi kerja seorang guru, maka semakin tinggi pula kinerjanya.
Actions (login required)
View Item |