Kontribusi Iklim Organisasi Sekolah, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung

Triyani, (2018) Kontribusi Iklim Organisasi Sekolah, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43475.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan akan pentingnya kinerja guru dalam upaya peningkatan dan pcngembangan kualitas pendidikan. Diantara banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru antara lain adalah iklim organisasi sekolah, dan motivasi kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi yang signifikan antara iklim organisasi sekolah, dan motivasi kerja guru, dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Rancangan penelitiannya menggunakan deskriptif korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda Berdasarkan hasil analisis deskriptif rerata, menunjukan bahwa iklim organisasi sekolah berada pada kategori baik, motivasi kerja guru berada pada kategori baik dan kinerja guru berada pada kategori baik. Selanjutnya berdasarkan analisis regresi ganda menunjukan bahwa (1) Iklim organisasi sekolah (X 1) berkontribusi secara Signifikan terhadap kinerja guru (Y), besarnya koefisien regresi 0,3962 = 0,156 atau 15,68%. (2) Motivasi kerja guru (X2) berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru (Y), besarnya koefisien regresi 0,3992 -0,159 atau 15,92%. (3) Iklim organisasi sekolah (X1), motivasi kerja guru (X2), berkontribusi secara Simultan dan signifikan terhadap kinerja guru (Y). yaitu sebesar Rsquare 0,335 = 33,50%. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis dalam memperkuat teori-teori dan temuan-temuan penelitian sebelumnya, juga memberikan implikasi praktis terhadap upaya peningkatan kinerja guru, dalam kaitannya dengan iklim organisasi sekolah, dan motivasi kerja guru di SD Negeri Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43475.pdf
Uncontrolled Keywords: iklim organisasi sekolah, motivasi kerja guru, dan, kinerja guru, school organization climate, teachers• work motivation, and teachers performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2019 04:18
Last Modified: 24 May 2019 04:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item