Kajian Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah dengan Mutu Sekolah di Sekolah Dasar Wilayah Kota Bogor

Rostini, (2017) Kajian Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah dengan Mutu Sekolah di Sekolah Dasar Wilayah Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43394.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan mutu sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah dengan mutu sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Manajemen Berbasis Sekolah bersama-sama dengan mutu sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang melibatkan dua variabel bebas yaitu Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Manajemen Berbasis Sekolah (X2) serta satu variabel terikat yaitu mutu sekolah (Y). Penelitian dilaksanakan di 8 (delapan) sekolah di sekolah dasar yang berada di wilayah Kota Bogor, pada tahun 2017 dengan jumlah populasi 199 dari sampel 133 orang diambil secara proporsional. Metode yang digunakan yaitu surve1 dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasional dan regresi linier ganda. Adapun pengujian-hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05 dan 0,01 Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: pertama, Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan mutu sekolah dengan persamaan regresi Y=52,639+0,661X1 Didukung dengan koefisien korelasi sebesar ry1 =0,563 dan koefisien determinasi R'" sebesar 0,3172 yang berarti setiap satu unit Kepemimpinan. Kepala Sekolah akan meningkatkan mutu sekolah sebesar 0,661 unit. Kedua, Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah dan mutu sekolah dengan persamaan regresi Y= 64,865+0,527 X2 Didukung dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0,539 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,2912 yang berarti setiap satu unit Manajemen Berbasis Sekolah akan meningkatkan mutu sekolah sebesar 0,527 X2 unit. Ketiga, Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah secara bersama-sama dengan mutu sekolah dengan persamaan regresi Y=50.224+0,438X1+0,226 X2 yang didukung dengan koefisien korelasi sebesar ry 12 = 0,577 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,339 yang berarti setiap peningkatan satu unit Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah akan meningkatkan mutu sekolah sebesar 0,664 unit. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola seluruh potensi sekolah yang dimiliki dan Manajemen Berbasis Sekolah yang baik, yang menunjukkan hasil yang signifikan pada input, proses, output, dan misi serta penerapan pengelolaan manajemen yang tepat dapat meningkatkan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43394.pdf
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah, mutu sekolah, principal leadership, School Based Management, quality school.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 May 2019 02:17
Last Modified: 08 May 2019 02:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8314

Actions (login required)

View Item View Item