Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kecamatan Sukmajaya Kota Depok

Damayanti, Retno (2018) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43522.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya dengan tujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia dalam menghadapi perkembangan yang sangat pesat di- segala bidang. Dilaksanakannya Kurikulum 2013 menuntut berbagai perubahan dalam Standar Nasional Pendidikan. Delapan standar nasional pendidikan yang mengalami perubahan salah satunya adalah standar penilaian pendidikan. Penilaian yang dilaksanakan di sekolah sesuai dengan standar penilaian pendidikan adalah penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan inovasi penilaian yang dapat menilai siswa dari berbagai kompetensi . Dalam Kurikulum 2013 kompetensi siswa yang dinilai adalah kompetensi sikap spiritual dan sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan model penilaian autentik pada awal penerapannya mengalami berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penilaian autentik di sekolah dasar pada Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Aspek keterlaksanaan itu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan hasil penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi Stake- atau Stake Countenance Model. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV, 1 pengawas pembina, dan 4 kepala sekolah yang diperoleh secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Analis-Js- dara dilakukan dengan analisis deskriptif dengan membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang telah ditentukan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di sekolah dasar Kecamatan Sukmajaya Kota Depok pada tahap persiapan (antecedent) yang berupa perencanaan penilaian termasuk dalam kategori baik (sesuai) dengan persentase 78,2%. Tahap pelaksanaan (transaction) yang merupakan pelaksanaan penilaian autentik berada dalam kategori sangat baik (sangat sesuai) yang ditunjukkan oleh persentase sebesar 96,2%. Tahap hasil (outcomes) menunjukkan pengolahan hasil penilaian autentik dalam kategori baik (sesuai) dengan persentase sebesar 76,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43522.pdf
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Evaluation, Authentic Assessment, Curriculum 2013.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.006 Curriculum Change, Curriculum Evaluation (Perubahan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 May 2019 07:27
Last Modified: 16 May 2019 02:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item