Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Logika Matematika SMK

Mulyati, Adha (2017) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Logika Matematika SMK. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43125.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan menghasilkan Bahan Ajar berbasis kontekstual pada pembelajaran logika matematika yang layak ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian berbentuk LKS. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D), model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada tahap-tahap model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lopok ada dua kelas yang terdiri dari 57 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket yang digunakan meliputi lembar penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli dan guru matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk dosen ahli dan guru matematika untuk aspek kevalidan, untuk aspek kepraktisan menggunakan lembar penilaian siswa, lembar penilaian guru terhadap LKS dan basil observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta soal tes basil belajar dengan 5 soal umian untuk aspek keefektifan. Produk yang dihasilkan berupa RPP dan LKS berbasis kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata total penilaian validator adalah 143,5 dan LKS memenuhi kriteria baik dengan skor rata-rata penilaian validator 189. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria baik, dan persentase keterlaksanaan pembelajaran 84,38 %, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan penilaian guru memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar adalah 82,46%, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43125.pdf
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, pengembangan, kontekstual, logika matematika, materials education, depeloving, contextual, malhemalic logic.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.24 Academic and Vocational School (Akademi, Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.3 Mathematical Logic/Logika Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 May 2019 01:39
Last Modified: 01 Dec 2023 02:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item