Adnan, Nurasiah (2018) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Profesi Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43526.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru (2) motivasi profesi dengan kinerja guru (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi profesi dengan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 463 guru dan sampelnya 215 guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi profesi dengan kinerja guru. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi profesi secara bersama-sama dengan kinerja guru. Berdasarkan temuan di atas, maka untuk meningkatkan kinerja guru diperlukan peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi profesi, adapun caranya yaitu: (1) kepala sekolah harus menempatkan bawahan sesuai dengan keahlian, persamaan, dan integritas, merencanakan dan mensupervisi, serta mengembangkan keterampilan kinerja guru, (2) guru harus mengembangkan profesionalitas, peningkatan karir, tanggung jawab kerja, dorongan untuk melakukan tindakan positif, dan upaya mencapai tujuan.
Actions (login required)
View Item |