Pribadi, Sambang (2017) Hubungan Antara Problem Based Learning Dengan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Perpindahan Dan Perubahan Energi Listrik Siswa Kelas VI SD Negeri Tulungrejo 01. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43591.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada saat ini memerlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Model Pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan pcnn asalahan yang ada di sekitar lingkungannya, sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan permasalahan tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkannya. Selama ini problem based learning masih banyak diterapkan dalam pembelajaran pada tingkat SMP, SMA,bahkan Perguruan tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini akan menguji coba penerapan problem based learning pada siswa SD dengan materi perpindahan dan perubahan energi listrik. Yang menjadi permasalahan adalah apakah terdapat hubungan antara problem based learning dengan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tulungrejo 01, sebanyak 38 siswa. Dalam menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji homogenitas. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif hasil belajar siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati aktivitas yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui hasil penelitian, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda (Uji - t). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara problem based learning dengan keaktifan siswa yang meliputi, keaktifan visual, mental dan emosional. Ada hubungan antara problem based learning dengan hasil belajar yang terdiri dari hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43591.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, keaktifan, hasil belajar, activity, learning result. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 May 2019 02:11 |
Last Modified: | 24 May 2019 06:52 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8371 |
Actions (login required)
View Item |