Supriatin, Lulus (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Dan Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Di Gugus II Kecamatan Bogor Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43334.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa pada mata pembelajaran IPA kelas VI SDN di Gugus II Kecamatan Bogor Tengah belum optimal karena proses pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru berupa penjelasan dan diskusi kelompok, sehingga siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual dan kolaboratif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA Kelas VI SDN Polisi 2, SDN Polisi 4, dan SDN Polisi 5. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SON di Gugus II Kecamatan Bogor Tengah sebanyak 192 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain pre post- test two group control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual dan kolaboratif berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD. Hasil ini menunjukk.an bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual dan kolaboratif dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas VI SD. Oleh karena itu guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan yang bervariasi dalam memberikan pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD.
Actions (login required)
View Item |