Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Inkuiri Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Ex Post Facto di SDN Sindangjaya Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur)

Kartini, Nenden (2018) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Inkuiri Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Ex Post Facto di SDN Sindangjaya Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43368.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) pengaruh persepsi siswa tentang metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA. 2) pengaruh persepsi siswa tentang media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. 3) pengaruh persepsi siswa tentang metode inkuiri dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA. 4) efektifitas penggunaan metode inkuiri dan media pembelajaran. Penelitian menggunakan studi Ex Post Facto. Populasi target adalah seluruh siswa kelas V di Gugus Kawunggading Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur dengan jumlah keseluruhan adalah 174 siswa. Sekolah yang dijadikan sampel adalah SDN Sindangjaya dengaojurnlah siswa kelas V sebanyak 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data melalui variabel Metode Inkuiri (X1) dan Media Pembelajaran (X2) menggunakan skala Likert dan Hasil Belajar Siswa (Y) berupa soal tes pilihan ganda. Teknik pengambilan data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Uji F dan Uji t pada regresi. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa data tiga variabel normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA dengan koefisien korelasi = 0,771. Kedua, terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA dengan koefisien korelasi = 0,698. Ketiga, terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang Metode Inkuiri dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA siswa dengan koefisien korelasi = 0,788. Keempat, penggunaan metode inkuiri dan media pembelajaran sudah efektif membuat siswa merasa senang dan mudah dalam memahami materi karena siswa terlibat secara langsung dalam mencari dan menemukan materi, serta lebih tertarik dan antusias dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode Inkuiri dan Variasi Media Pembelajaran merupakan faktor-faktor determinan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43368.pdf
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Media Pembelajaran, Hasil Be/ajar IPA, Method of Inquiry, Learning Media, Science Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (MetodeĀ Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 May 2019 03:28
Last Modified: 16 May 2019 03:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item