Tresnawati, Restu (2018) Efektivitas Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43473.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan pembelajaran IPA yaitu membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan Kemampuan analitIs siswa dalam menentukan penyelesaian masalah secara efektif. Sedangkan self-cfticacy merupakan kemampuan siswa dalam meyakini kemampuan dirinya dalam menyelesaikan masalah. Masalah digunakan untuk mengaitkan rasa keingintahuan. kemampuan analisis, dan inisiatif siswa terhadap materi pelajaran. 1)BL mempersiapkan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis, dan menggunakan sumber ajar yang sesuai. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Maruyung II tahun ajaran 2017/2018 smesterter ganjil pada pokok bahasan pesawat sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan menggunakan satu kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen terdapat 30 siswa. Kelompok kelas tersebut merupakan hasil dari pemilihan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu problem-based learning, sementara variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan Self Efficacy siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Time Series Design. instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes dan nontes. Tes berupa soal untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis, sementara nantes berupa format pernyataan dalam bentuk Skala Likert untuk mengukur keyakinan diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas. dan uji beda rata-rata. Selanjutnya dilakukan uji korelasi menggunakan uji pearson atau Spearman dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (2) Model Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan self efficacy siswa. (3) Pengaruh peningkatan kemampuan berpikir kritis terhadap peningkatan self efficacy siswa (4) Produk hasil dari penerapan efektivitas model Problem-Based learning dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43473.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Berpikir kritis, Self efficacy,critical thinking |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 16 May 2019 04:07 |
Last Modified: | 16 May 2019 04:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8397 |
Actions (login required)
View Item |