Nazirin, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep PPKn pada Siswa Kclas IV SDS Kartini II Batu Ampar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43504.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa kelas IV SDS Kartini Batu Ampar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian post test only control design. Subjek penelitian sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan kuesioner. Instrumen telah diujicobakan sebelum digunakan untuk pengumpulan data, dan basil masing masing instrumen adalah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Anova 2 jalur dengan bantuan program SPSS seri 20.0 for window. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa kelas IV. Hal ini dapat dibuktikan dari uji hipotesis dimana untuk hasil akhir (post-test) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan tingkat kepercayaan 95% nilai statistik 97,989 dan signifikansi sebesar 0,000. Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dengan motivasi tinggi lebih baik daripada siswa yang belajar dengan motivasi rendah diperoleh nilai statistik 6.501 dengan signifikansi 0,015. Terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn diperoleh nilai statistik 4,539 dengan signifikansi 0,039. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran ceramah, dan motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada motivasi belajar yang rendah. Dengan demikian motivasi belajar tinggi sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn, dan pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Jigsaw lebih tepat dilaksanakan.
Actions (login required)
View Item |