Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep PPKn pada Siswa Kclas IV SDS Kartini II Batu Ampar

Nazirin, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep PPKn pada Siswa Kclas IV SDS Kartini II Batu Ampar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43504.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa kelas IV SDS Kartini Batu Ampar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian post test only control design. Subjek penelitian sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan kuesioner. Instrumen telah diujicobakan sebelum digunakan untuk pengumpulan data, dan basil masing masing instrumen adalah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Anova 2 jalur dengan bantuan program SPSS seri 20.0 for window. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa kelas IV. Hal ini dapat dibuktikan dari uji hipotesis dimana untuk hasil akhir (post-test) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan tingkat kepercayaan 95% nilai statistik 97,989 dan signifikansi sebesar 0,000. Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dengan motivasi tinggi lebih baik daripada siswa yang belajar dengan motivasi rendah diperoleh nilai statistik 6.501 dengan signifikansi 0,015. Terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn diperoleh nilai statistik 4,539 dengan signifikansi 0,039. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran ceramah, dan motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada motivasi belajar yang rendah. Dengan demikian motivasi belajar tinggi sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn, dan pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Jigsaw lebih tepat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43504.pdf
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep, model pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, motivasi belajar, conceptual understanding, cooperative learning model, jigsaw type, learning motivation.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.02 Private Schools (Sekolah Swasta)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 May 2019 06:37
Last Modified: 21 May 2019 06:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item