Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Buku Tulis Halus dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II SD Islam Batam Kota

Fitriyana, Yuyun (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Buku Tulis Halus dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II SD Islam Batam Kota. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43505.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model quantum learning berbantuan buku tulis halus dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ceramah terhadap kemampuan menulis tegak bersambung dan minat belajar pada siswa kelas II SD Islam Batam Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok quantum learning dengan minat belajar tinggi dan rendah dan metode ceramah dengan minat belajar tinggi dan rendah. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa kelas Iffi dari populasi 130 kelas II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Instrumen telah diujicobakan sebelum digunakan untuk pengumpulan data, dan basil masing masing instrumen adalah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji analisis varian 2 faktor dengan bantuan program SPSS seri 20.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran quantum learning berbantuan buku tulis halos terhadap kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas 11. Hal ini dapat dibuktikan dari uji hipotesis dimana untuk basil akhir pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan tingkat epercayaan 95% nilai p sebesar 0,012 kurang dari taraf signifikansi 0,05. Nilai rata-rata basil test akhir siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum learning pada kelas II dengan minat belajar tinggi sebesar 58,27 lebih tinggi dari ni1ai rata-rata kemampuan belajar menulis tegak bersambung yang mengikuti metode ceramah pada kelas II sebesar 36,23. Hasil analisis minat belajar didapat nilai p value sebesar 0,033 lebih kecil dari a 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap kemampuan belajar menulis tegak bersambung pada siswa kelas If SD Islam Batam Kota.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43505.pdf
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, quantum learning, ceramah, buku tulis halus minat belajar, kemampuan menulis tegak bersambung, learning model, quantum learning, discourse, assisted handwriting book, interest of learn, cursive writing skill
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.07 Religious Schools (Sekolah Keagamaan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 May 2019 06:47
Last Modified: 21 May 2019 06:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item