Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Menulis Di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Nganjuk

Sulistyorini, Arie (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Menulis Di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43604.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Keberhasilan belajar ditentukan dari pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pendekatan CTL menekankan pada keterlibatan siswa menemukan secara langsung materi yang dipelajarinya. Sehingga menjadikan pengalaman belajar yang bermakna Keterampilan menyimak merupakan kegiatan yang paling awal dilakukan anak bila dilihat dari pemerolehan bahasa Menulis adalah suatu keterampilan berbahasa dalam berkomunikasi walaupun secara tidak langsung dan suatu pekerjaan yang ekspresif dan produktif hasil dari proses pengemhangan. Tujuan penelitian sebagai berikut untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran CTL dengan pembelajaran CTL berbantuan media video terhadap keterampilan menyimak dan menulis di kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Nganjuk. Menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian menggunakan data angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui dengan jenis metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dalam penelitian ini yang diuji adalah hipotesis dengan teknik korelasi, yaitu korelasi Pearson Product moment (r). Apakah hasil perhitungan signifikan atau tidak maka perlu di uji dengan rumus t atau membandingkan dengan tabel korelasi. Dari hasil penelitian pendekatan pembelajaran CTL berbantuan media video berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menyimak dan menulis di kelas V sekolah dasar Kabupaten Nganjuk . Selanjutnya dilakukan uji-t untuk menguji signifikansi konstanta dari variabel bebas (X) media video terhadap variabel terikat (Yl) keterampilan menyimak dan (Y2) keterampilan menulis. Tabel distribusi t dicari pada 5% : 2 = 2,5% (uji 2 sisi) dengan derajat kebebasan (dt) n - 2 atau 40 - 2 = 38. Dengan pengujian 2 sisi ( signifikansi = 0,025 hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2,024. Ho diterima jika- t tabel < t hitung < t tabel. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (4,602 > 2,024) dan P value (0,000 < 0,005) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai keterampilan menyimak dengan rata-rata keterampilan menulis. Rata-rata nilai keterampilan menyimak lebih tinggi daripada rata-rata nilai keterampilan menulis. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada kegiatan keterampilan menyimak dan menulis cerita anak menggunakan pendekatan pembelajaran CTL berbantuan media video pada keterampilan menyimak memiliki pengaruh lebih baik daripada pembelajaran yang hanya menggunakan pendekatan pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43604.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Media video, Keterampilan Menyimak, Keterampilan Menulis, Contextual Teaching and Learning Approach (CTL), Video Media, Listening Skills, Writing Skills
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 01:37
Last Modified: 22 May 2019 01:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8432

Actions (login required)

View Item View Item