Pengembangan Buku Ajar Tematik Subtema Permainan Tradisional Di Daerahku Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Kelas III SD

Muthorikah, Yulis Weny (2018) Pengembangan Buku Ajar Tematik Subtema Permainan Tradisional Di Daerahku Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Kelas III SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43612.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Berdasarkan basil observasi yang dilakukan di kelas III SDN Ngadirejo I bahwa dalam pembelajaran guru dan siswa hanya menggunakan buku ajar bantuan dari pemerintah, padahal kegiatan pembelajaran yang ada pada buku ajar tersebut hanya sedikit dan kurang bervariasi. Pendekatan saintifik yang merupakan ciri khas pada Kurikulum 2013 juga belum nampak pada buku ajar. Untuk itulah guru dan siswa membutuhkan buku ajar yang dapat memberikan alternatif kegiatan yang lebih bervariasi, bermakna serta dapat menopang pembelajaran saintifik. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model R&D berdasarkan langkah Borg& Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan buku ajar telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian dua validator dengan skor rata-rata 3,51. Observasi yang dilaksanakan pada saat uji lapangan untuk aktivitas guru sebesar 83,39% dan aktivitas siswa 84,17%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar telah memenuhi unsur kepraktisan dan dapat digunakan untuk menopang pembelajaran saintifik. Berdasarkan nilai rata-rata kelas dari hasil tes penguasaan buku ajar diperoleh skor untuk muatan Bahasa Indonesia yaitu 94, muatan PKn yaitu 88, muatan Matematika yaitu 90, muatan SBdP yaitu 86, dan PJOK yaitu 74. Dari hasil rata-rata skor setiap muatan pembelajaran di atas nilai KKM yang telah ditentukan. Respon siswa menunjukkan respon positif dalam penggunaan buku ajar dengan skor yang dihasilkan 3,51. Berdasarkan data tes hasil penguasaan buku ajar dan respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa buku ajar yang dikembangkan memenuhi unsur keefektifan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43612.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku ajar, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik, The Development of Textbooks, Thematic Learning, Scientific Approach.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 01:43
Last Modified: 22 May 2019 01:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item