Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Batu Ampar Kota Batam

Maqbullah, (2018) Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43503.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru, pengaruh motivasi terhadap kinerja gwu, serta pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Batu Ampar Kota Batam secara simultan. Penelitian ini dilakukan terhadap 53 orang guru. Penelitian kuantitatif ini rnenggunakan metode survei dengan teknik analisis jalur. Pengambilan sampel berdasarkan teknik Roscoe, menggunakan angket skala Likert yang telah disusun dan dianalisis oleh enam validator instrumen dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari basil hitung pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru dengan signifikansi 0.009 < 0.05, direct effect kompetensi terhadap kinerja guru adalah 9,73%, indirect effect adalah 14,4% sedangkan pengaruh secara keseluruhan adalah 24,1 %. Ini berarti bahwa variabel kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru secara signifikan. Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru dengan signifikansi 0.000 < 0.05, direct effect motivasi terhadap kinerja guru adalah 35,3% dan indirect effect adalah 14.4% sedangkan pengaruh secara keseluruhan adalah 49,7%, ini berarti bahwa variabel motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru secara signifikan. Pengaruh kompetensi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja dengan signifikansi 0,000 < 0,05, direct effect kompetensi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru adalah 45% dan indirect effect adalah 28,8% sedangkan pengaruh secara keseluruhan adalah 73,8%. Dari basil perhitungan uji hipotesis secara simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung = 70,362 dan diketahui nilai F tabel = 3,18. Maka nilai f hitung = 70,362 > F tabel = 3.18. ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu Ho ditolak dan H3 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi dan motivasi secara simultan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Batu Ampar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43503.pdf
Uncontrolled Keywords: kompetensi, motivasi, kinerja guru, competence, motivation, teacher performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 03:43
Last Modified: 22 May 2019 03:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item