Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Yusnita, Anita (2018) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43509.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa saat ini masih tergolong rendah, terlihat dari dari berbagai indikator hasil belajar, antara lain dalam Ujian Nasional dan temuan sejumlah penelitian. Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan strategi belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 001 Kecamatan sungai Beduk Kota Batam dengan populasi 137 siswa, dan sampel 66 siswa menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini untuk menguji peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah serta ditinjau dari gender. Analisis data terkait dengan pencapaian kemampuan komunikasi matematis menggunakan skor basil posttes, sedangkan data terkait dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis digunakan N-Gain. Analisis data yang terkait dengan minat siswa dianalisis menggunakan statistic deskriptif.Dari basil penelitian dapat disimpulkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Minat belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secam signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43509.pdf
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematis, minat belajar siswa, pembelajaran berbasis Masalah, mathematical communication, student learning interest, problem based Learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 02:09
Last Modified: 23 May 2019 02:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item View Item