Abidin, Zaenal (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43598.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan basil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretes postes grup control tidak secara random (nonrandomized control group pretest-posttest design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Gugus Pamenang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semanding yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Tengger Kidul 1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data minat belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan data basil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes subjektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 berbantuan SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas V SDN di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran dengan inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA, dan memberikan pengaruh lebih besar terhadap basil dibanding dengan pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
View Item |