Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu

Abidin, Zaenal (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43598.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan basil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretes postes grup control tidak secara random (nonrandomized control group pretest-posttest design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Gugus Pamenang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semanding yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Tengger Kidul 1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data minat belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan data basil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes subjektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 berbantuan SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas V SDN di Gugus Pamenang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran dengan inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA, dan memberikan pengaruh lebih besar terhadap basil dibanding dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43598.pdf
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, minat, basil belajar, guided inquiry, students' interest, learning outcomes.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 02:34
Last Modified: 23 May 2019 02:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item