Kristanti, Yunita (2018) Pengaruh Pakem Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SDN Joho 5 Pace Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43600.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi motivasi belajar siswa kelas V SDN Joho 5 Kec.Pace Kab.Nganjuk bisa dikatakan masih rendah. Indikator dari rendahnya motivasi belajar siswa antara lain; siswa kurang memperhatikan pelajaran saat belajar mengajar berlangsung, siswa banyak mengerjakan tugas PR di sekolah, siswa kurang aktif dalam belajar dikelas, seperti tidak mau bertanya bila tidak mengerti atau jika ditanya tidak menjawab. Terlepas dari pengaruh kondisi belajar dirumah maupun peran orang tua dirumah untuk mendampingi belajar sekolah punya andil yang besar untuk memberikan motivasi dalam belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: l) Untuk mengetahui pengaruh implementasi PAKEM terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Joho 5 Pace Kabupaten Nganjuk?2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Joho 5 Pace Kabupaten Nganjuk?3) Untuk mengetahui pengaruh model PAKEM dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Joho 5 Pace Kabupaten Nganjuk?Sampel pada penelitian ini adalah 36 Siswa Kelas V SDN Joho 5 Kec.Pace Kab.Nganjuk, dengan teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh mengenai penerapan PAKEM dan motivasi bela jar kemudian dianalisis menggunakan anava dua jalan.berdasarkan basil penelitian dapat diambil kesimpulan: l) Implementasi pembelajaran PAKEM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa SDN Joho 5 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Ha ini diperkuat berdasarkan basil analisis menunjukan bahwa prestasi belajar kelas yang dikenakan PAKEM lebih baik daripada non PAKEM. 2) Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa SDN Joho 5 Kec Pace Kab Nganjuk. Hal ini diperkuat bahwa basi analisis menunjukkan bahwa motivasi tinggi memberikan prestasi belajar lebih baik daripada motivasi sedang dan rendah. Sedangkan motivasi sedang lebih baik daripada motivasi rendah. 3) Ada interaksi antara model PAKEM terhadap Motivasi belajar. Implementasi PAKEM lebih efektif apabila dikenakan para siswa-siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang. Sedangkan pada siswa siswa yang memiliki motivasi belajar rendah implementasi pembelajaran non PAKEM memberikan prestasi belajar yang lebih baik.
Actions (login required)
View Item |