Pengaruh Penggunaan Media Garhufang Dan Jungsetar Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B

Rahayu, Pupuk (2018) Pengaruh Penggunaan Media Garhufang Dan Jungsetar Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43606.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa sering dikaitkan dengan keberhasilan atau kegagalan siswa dalam belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan sedang selalu berusaha menyelesaikan tugas dengan baik, serta membandingkan hasilnya dengan orang lain. Media Garhufang dan media Jungsetar merupakan media yang efektif digunakan guru dalam pengembangan kemampuan kognitif untuk mengenalkan Pembelajaran kognitif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media garhufang dan jungsetar terhadap peningkatan Motivasi dan hasil belajar kognitif Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B serta membantu guru untuk menciptakan ruangan kelas yang atraktif disertai media peraga yang cukup sesuai dengan kebutuhan pembelajaran saat berjalannya proses belajar mengajar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Dharmawanita Semen Semester II Pelajaran 2016/2017, dengan sampel siswa kelompok BI yang berjumlah 20 anak dan BII 20 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t sampel bebas (independent t test). Hasil penelitian ini adalah: I) Kondisi Awal Hasil Belajar Kognitf Anak Sehelum Menggunakan Media Garhufang Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5% dan df 38, t-hitung (l,l71) < t-tabel 5% (1,686) sehingga signifikan. Dalam nilai probabilitas kesalahan dalam penelitian 0.260 > 5%. 2) Kondisi Awal Hasil Belajar Kognitif Anak sebelum Menggunakan Media Jungsetar. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5% dan df 38, t-hitung (1,171) < t-tabel 5% (1,686) sehingga signifikan. Dalam nilai probabilitas kesalahan dalam penelitian 0.260 > 5%.3). Ada Pengaruh Penggunaan Media Garhufang Terhadap Hasil Belajar Kognitf Anak. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5% dan df 38, t-hitung (8, 739) > t-tabel 5% (I ,686) sehingga signifikan. Dalam nilai probabilitas kesalahan dalam penelitian 0.006 < 5%.4) Ada Pengaruh Penggunaan Media Jungsetar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Anak. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5% dan df 38, t-hitung (15,692) > ttabel 5% (I ,686) sehingga signifikan. Dalam nilai probabilitas kesalahan dalam penelitian 0.000 < 5%.5) Pengaruh Motivasi Belajar Tinggi dan Motivasi Belajar Rendah Terhadap Hasil Belajar Anak Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5% dan df 38, t-hitung (2,255) > t-tabel 5% (I ,686) sehingga signifikan. Dalam nilai probabilitas kesalahan dalam penelitian 0.000<5%. Berdasarkan hasil penelitian yang didiskusikan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Ada pengaruh penggunaan media garhufang terhadap peningkatan Motivasi belajar pada anak Kelompok 82 Taman Kanak kanak Dharma Wanita Desa Semen.2. Ada pengaruh penggunaan media jungsetar terhadap peningkatan motivasi belajar pada anak kelompok 82 Taman Kanak Kanak Dharma Wanita Desa Semen.3. Ada pengaruh penggunaan media garhufang terhadap peningkatan Hasil belajar pada anak Kelompok 82 Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Desa Semen 4. Ada pengaruh penggunaan media jungsetar terhadap peningkatan Hasil belajar pada anak Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Desa Semen. 5. Ada perbedaan motivasi belajar anak yang menggunakan media garhufang dan media Jungsetar terhadap Hasil belajar pada anak kelompok B2 Taman Kanak-kanak Dharmawanita. Maka dari itu agar dapat digunakan oleh guru Taman Kanak-kanak khususnya dan Guru PAUD pada umumnya sehingga penggunaan media garhufang dan jungsetar sebagai altematif media pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Dharmawanita Semen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43606.pdf
Uncontrolled Keywords: media garhufang dan jungsetar,Motivasi, Hasil belajar kognitif, media garhufang and jungsetar, Motivation, cognitive learning outcomes.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 03:42
Last Modified: 23 May 2019 03:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8461

Actions (login required)

View Item View Item