Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Dengan Tipe The Power Of Two Ditinjau Dari Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat

Pratiwi, Ajeng (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Dengan Tipe The Power Of Two Ditinjau Dari Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43541.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dengan tipe The Power Of Two ditinjau dari berpikir kritis terhadap hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2 atau treatment by level. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah dasar, dengan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas pertama dengan merupakan Kelas Eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match sementara kelas kedua yang merupakan Kelas Kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dengan tipe The Power Of Two, berdasarkan nilai p value < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan hasil belajar matematika dengan didapatkan nilai p value < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar yang memiliki berpikir kritis yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dengan tipe The Power Of Two diperoleh nilai p value < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05 4) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki berpikir kritis rendah yang diberikan perlakuan tipe Index Card Match dengan tipe The Power Of Two diperoleh nilai p value < 0,05 yaitu 0,015 <0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43541.pdf
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Tipe Index Card Match, Tipe The Power Of Two, berpikir kritis, hasil belajar matematika.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 05:59
Last Modified: 23 May 2019 05:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item