Ahti, Helmi Ihwatun (2018) Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas V SD di SDII Luqman AI Hakim Kecamatan Batu Aji. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43510.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis perbedaan kemampuan koneksi matematis (awal) antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) menganalisis pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (3) menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Luqman AI Hakim pada Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa V-B sebagai kelas eksperimen dan siswa V-D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan kemampuan koneksi matematis (awal) antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) pencapaian kemampuan koneksi matematis yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (3) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
View Item |