Pengaruh Kemandirian Dan Disiplin Belajar Terhadap Gaya Belajar Siswa Dan Dampaknya Bagi Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor

Fatimah, Ajeng Siti (2018) Pengaruh Kemandirian Dan Disiplin Belajar Terhadap Gaya Belajar Siswa Dan Dampaknya Bagi Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43533.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh (1) kemandirian terhadap gaya belajar (2) disiplin terhadap gaya belajar (3) gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Subyek penelitiannya yaitu siswa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur melalui metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 100 siswa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dengan teknik penarikan sampel proporsional. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian terhadap gaya belajar yang ditunjukkan pada koefisien regresi linier 0, 754 pada taraf signifikan 0,05 serta didukung persamaan regresi Y 1 = 23, 123+0,838X1 Kontribusi sebesar 56,8%. Kedua, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara disiplin terhadap gaya belajar yang ditunjukkan pada koefisien regresi linier 0,587 pada taraf signifikan 0,05 serta didukung persamaan regresi Y1= 27,539+0,871X2 Kontribusi sebesar 34,4%. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang ditunjukkan pada koefisien regresi linier 0,562 pada taraf signifikan 0,05 serta didukung persamaan regresi Y= 7,860+0,116Y Kontribusi sebesar 13%. Berdasarkan implikasi, peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu: (1) Guru haruslah memberikan pengarahan ketika pembelajaran agar siswa mempunyai percaya diri kemudian siswa akan mandiri dengan sendirinya, (2) Guru harus memberikan motivasi agar siswa mampu membiasakan diri dalam be1ajar dan membuat siswa menjadi disiplin, (3) Guru harus bisa mengarahkan gaya belajar yang tepat bagi siswa agar mendapatkan meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43533.pdf
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Gaya Belajar, Kemandirian, Disiplin, Learning Outcome During Civics, Learning Style, Independency, Discipline.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.8 Students (Siswa, Murid, Pelajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 02:27
Last Modified: 27 May 2019 02:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8478

Actions (login required)

View Item View Item