Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar Di Kabupaten Bogor

Kaize, Bernadetha Rizki (2018) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar Di Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43535.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara simultan tentang pengaruh (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja operator sekolah dasar (2) motivasi kerja terhadap kinerja operator sekolah (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja operator sekolah. Subjek penelitian yaitu operator sekolah dasar dan kepala sekolah di Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasional melalui teknik regresi berganda dengan metode survei. Populasi pada pendekatan ini adalah 3100 operator sekolah dasar dan kepala sekolah di Kabupaten Bogor dengan teknik penarikan sampel acak sederhana. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja operator sekolah dasar yang ditunjukan pada koefisien regresi linier serta didukung persamaan regresi dengan Kontribusi sebesar 18,4%. Kedua, terdapat pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja operator sekolah dasar yang ditunjukan pada koefisien regresi linier serta didukung persamaan regresi dengan kontribusi sebesar 72,5%. Ketiga, terdapat pengaruh secara simultan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap operator sekolah dasar yang ditunjukan pada koefisien regresi linier berganda dengan fchange lebih kecil dari taraf signifikan serta didukung persamaan regresi dengan Kontribusi sebesar 3,4%. Berdasarkan implikasi, peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu: (1) Operator sekolah dasar dituntut memiliki kualifikasi kemampuan yang memadai dalam sistem pendidikan, (2) Operator sekolah dasar perlu membangun karakter kerja yang efektif untuk membangun fungsi pelayanan yang berkualitas, (3) Kepala sekolah disarankan untuk menggunakan berbagai cara dan teknik untuk memimpin dan berkomunikasi dengan operator sekolah dasar beserta guru dan warga sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43535.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja Operator, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Primary School Operator Performance, Principal School Leadership, Work Motivation.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 02:42
Last Modified: 27 May 2019 02:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8479

Actions (login required)

View Item View Item