Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Dengan Kinerja Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor

Wahyuni, Dwi (2018) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Dengan Kinerja Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43523.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan (1) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) hubungan kompetensi profesional dengan kinerja guru dan (3) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dan populasi dalam penelitian ini yaitu guru-guru SD Negeri Kecamatan Pamijahan Bogor, dengan jumlah sampel sebanyak 206 orang guru. Hasil dari penelitian menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,54 (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,76 (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama dengan kinerja guru ditunjukkan dengan hasil Uji Fhitung > Ftabel atau sig. 0,00 < 0,05, dengan besarnya kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap kinerja sebesar 89,5 %. sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan implikasi, peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu: (1) Kepala sekolah hendaknya dapat memberikan motivasi berprestasi kepada guru untuk meningkatkan kinerjanya dan menjelaskan perlunya kompetensi profesional guru dalam mengerjakan tugasnya. Dalam meningkatkan mutu pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai (2) Diharapkan guru mampu dalam penguasaan materi yang mendukung mata pelajaran yang diampu, kinerja guru akan baik jika kompetensi profesional berkembang dan meningkat di sekolah, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa demi tercapainya kinerja guru yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43523.pdf
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kompetensi profesional, kinerja, leadership, professional competence, performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 06:41
Last Modified: 27 May 2019 06:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item