Wahyuni, Dwi (2018) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Dengan Kinerja Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43523.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan (1) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) hubungan kompetensi profesional dengan kinerja guru dan (3) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dan populasi dalam penelitian ini yaitu guru-guru SD Negeri Kecamatan Pamijahan Bogor, dengan jumlah sampel sebanyak 206 orang guru. Hasil dari penelitian menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,54 (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,76 (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama dengan kinerja guru ditunjukkan dengan hasil Uji Fhitung > Ftabel atau sig. 0,00 < 0,05, dengan besarnya kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap kinerja sebesar 89,5 %. sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan implikasi, peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu: (1) Kepala sekolah hendaknya dapat memberikan motivasi berprestasi kepada guru untuk meningkatkan kinerjanya dan menjelaskan perlunya kompetensi profesional guru dalam mengerjakan tugasnya. Dalam meningkatkan mutu pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai (2) Diharapkan guru mampu dalam penguasaan materi yang mendukung mata pelajaran yang diampu, kinerja guru akan baik jika kompetensi profesional berkembang dan meningkat di sekolah, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa demi tercapainya kinerja guru yang optimal.
Actions (login required)
View Item |