Mustolifah, Binti (2017) Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Di Kelas III SD Negeri Tambakan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43609.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
SD Negeri Tambakan 02, Gandusari merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar negeri di wilayah kecamatan Gandusari yang senantiasa berusaha memberikan layanan pendidikan terbaik bagi peserta didiknya Senantiasa berupaya melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Proses pembelajaran demikian akan tercipta, salah satunya apabila tersedia buku ajar kontekstual. Buku ajar kontekstual menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar, materi sesuai dengan dunia nyata dan pengalamannya, serta perilaku dibangun atas kesadaran sendiri sehingga pengetahuan peserta didik akan selalu berkembang sesuai dengan pengalaman yang dialaminya. Penelitian dilakukan untuk menghasilkan buku ajar Matematika berbasis kontekstual dan perangkat pembelajaran kontekstual tentang mencari luas dan keliling persegi dan persegi panjang yang terpenuhi validitasnya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tambakan 02, Gandusari pada bulan Maret- Mei 2017, menggunakan model pengembangan model 4-D (Thiagarajan, 1974) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (I) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) tahap penyebaran (disseminate). Populasi penelitian adalah 23 peserta didik kelas III SD Negeri Tambakan 02, Gandusari dengan mengikutsertakan validator ahli dan validator praktisi. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh, 23 populasi tersebut juga merupakan sampel penelitian. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa serta basil validasi ahli. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket tanggapan dari siswa, validator ahli, dan validator praktisi. Dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini telah dihasilkan model bahan ajar Matematika berbasis kontekstual dan perangkat pembelajaran kontekstual tentang mencari luas dan keliling persegi dan persegi panjang di kelas III SD Negeri Tambakan 02, Gandusari Kabupaten Blitar yang telah terpenuhi validitasnya.
Actions (login required)
View Item |