Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Di Kelas III SD Negeri Tambakan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar

Mustolifah, Binti (2017) Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Di Kelas III SD Negeri Tambakan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43609.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

SD Negeri Tambakan 02, Gandusari merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar negeri di wilayah kecamatan Gandusari yang senantiasa berusaha memberikan layanan pendidikan terbaik bagi peserta didiknya Senantiasa berupaya melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Proses pembelajaran demikian akan tercipta, salah satunya apabila tersedia buku ajar kontekstual. Buku ajar kontekstual menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar, materi sesuai dengan dunia nyata dan pengalamannya, serta perilaku dibangun atas kesadaran sendiri sehingga pengetahuan peserta didik akan selalu berkembang sesuai dengan pengalaman yang dialaminya. Penelitian dilakukan untuk menghasilkan buku ajar Matematika berbasis kontekstual dan perangkat pembelajaran kontekstual tentang mencari luas dan keliling persegi dan persegi panjang yang terpenuhi validitasnya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tambakan 02, Gandusari pada bulan Maret- Mei 2017, menggunakan model pengembangan model 4-D (Thiagarajan, 1974) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (I) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) tahap penyebaran (disseminate). Populasi penelitian adalah 23 peserta didik kelas III SD Negeri Tambakan 02, Gandusari dengan mengikutsertakan validator ahli dan validator praktisi. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh, 23 populasi tersebut juga merupakan sampel penelitian. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa serta basil validasi ahli. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket tanggapan dari siswa, validator ahli, dan validator praktisi. Dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini telah dihasilkan model bahan ajar Matematika berbasis kontekstual dan perangkat pembelajaran kontekstual tentang mencari luas dan keliling persegi dan persegi panjang di kelas III SD Negeri Tambakan 02, Gandusari Kabupaten Blitar yang telah terpenuhi validitasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43609.pdf
Uncontrolled Keywords: buku ajar, Matematika kelas III, pendekatan kontekstual, textbook, mathematic grade III, contextual approach
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (MetodeĀ Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 07:07
Last Modified: 27 May 2019 07:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item