Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengawasan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Sekolah di SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong)

Kambu, Martha (2018) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengawasan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Sekolah di SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43672.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengolah, menganalisis, membuktikan secara empiris, membahas, dan menemukan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah; bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan fungsi pengawasan, dan bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dirancang untuk menjawab permasalahan-permasalahan dan tujuan-tujuan yang telah dirumuskan dan diajukan. Untuk menjawab permasalahan dan tujuan-tujuan tersebut, penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian tnt menggunakan metode kualitatif, di mana data yang dikumpulkan dan dianalisis, diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan cara direduksi, disajikan, dan disimpulkan.Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kepala sekolah memiliki peran sangat penting dalam pembangunan pendidikan terkait dengan peningkatan mutu pendidikan sekolah, khususnya di Sekolah Dasar Inpres 109 Perumnas Kota Sorong.Peran kepemimpinan kepala sekolah diwujudkan dalam beberapa bentuk, yakni: pengawasan berbagai macam kegiatan, baik secara formal maupun non formal; menggerakkan seluruh elemen sekolah untuk tetap berada pada tugas dan tanggungjawab masing-masing; membangun sistem kerja secara terkontrol, mengupayakan pekerjaan dilaksanakan sesuai job description, dan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Kepala sekolah juga melaksanakan fungsi koordinasi dan pembimbingan untuk penyelesaian masalah-masalah individual kelembagaan. Kepala sekolah melakukan berbagai perbaikan, perubahan, dan peningkatan mutu pendidikan yang ditopang oleh kecerdasan profesional, kecerdasan personal, dan kecerdasan manajerial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43672.pdf
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah, Pengawasan, Peningkatan, Sekolah Dasar dan Pendidikan, role, principal ,leadership ,supervision, improving, quality, primary school, and education
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 May 2019 07:54
Last Modified: 28 May 2019 07:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item