Tarsono, (2018) Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Fasilitas Belajar Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Cilenggang 02. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43528.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Mutu pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya fasilitas belajar dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Cilenggang 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasi yang dilakukan untuk menjawab hipotesis. yaitu ada tidaknya: (1) Hubungan persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika, (2) Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika, (3) Hubungan persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Cilenggang 02 dengan Jumlah populasi siswa Kelas VI yang ada di Gugus 06 Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan dengan sampel berjumlah 41 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment untuk hasil belajar matematika dan korelasi product moment untuk persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar. Uji reliabilitas menggunakan rumus korelasi Split Half Spearman Brown untuk hasil belajar matematika dan Croanbach Alpha untuk persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan sebagai prasyarat analisis dilakukan uj1 normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis yang digunakan yakni analisis regresi sederhana untuk hipotesis yang pertama dan kedua dan analisis regresi berganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif persepsi siswa mengenai fasilitas; belajar (X1) dengan hasil belajar malemalila (Y) didapat f hitung 0.364. > f tabel 0.261 dengan nilm signifikan sebesar 0,019 > 0,05. 2) Terdapat hubUngan positif kebiasaan belajar (X2) dengan hasil belajar matematika (Y). didapat f hitung 0,314 > f tabel 0.261 dengan nilai signifikan sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05, dan 3) Tidak terdapat hubungan positif persepsi siswa mengenai fasilitas belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) secara bersama sama dengan hasil belajar matematika (Y) didapat f hitung 3,006 < f tabel 3,24 dengan nilai signifikan sebesar 0.061 lebih besar dari 0.05.
Actions (login required)
View Item |