Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Fasilitas Belajar Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Cilenggang 02

Tarsono, (2018) Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Fasilitas Belajar Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Cilenggang 02. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43528.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Mutu pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya fasilitas belajar dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Cilenggang 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasi yang dilakukan untuk menjawab hipotesis. yaitu ada tidaknya: (1) Hubungan persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika, (2) Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika, (3) Hubungan persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Cilenggang 02 dengan Jumlah populasi siswa Kelas VI yang ada di Gugus 06 Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan dengan sampel berjumlah 41 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment untuk hasil belajar matematika dan korelasi product moment untuk persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar. Uji reliabilitas menggunakan rumus korelasi Split Half Spearman Brown untuk hasil belajar matematika dan Croanbach Alpha untuk persepsi siswa mengenai fasilitas belajar dan kebiasaan belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan sebagai prasyarat analisis dilakukan uj1 normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis yang digunakan yakni analisis regresi sederhana untuk hipotesis yang pertama dan kedua dan analisis regresi berganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif persepsi siswa mengenai fasilitas; belajar (X1) dengan hasil belajar malemalila (Y) didapat f hitung 0.364. > f tabel 0.261 dengan nilm signifikan sebesar 0,019 > 0,05. 2) Terdapat hubUngan positif kebiasaan belajar (X2) dengan hasil belajar matematika (Y). didapat f hitung 0,314 > f tabel 0.261 dengan nilai signifikan sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05, dan 3) Tidak terdapat hubungan positif persepsi siswa mengenai fasilitas belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) secara bersama sama dengan hasil belajar matematika (Y) didapat f hitung 3,006 < f tabel 3,24 dengan nilai signifikan sebesar 0.061 lebih besar dari 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43528.pdf
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai fasilitas belajar, kebiasaan belajar, dan hasil belajar matematika, students' perceptions of learning facilities, learning habits, and mathematics learning outcomes.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (MetodeĀ Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 May 2019 01:32
Last Modified: 29 May 2019 01:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item