Widuroyekti, Barokah (2010) Pembelajaran Puisi di Sekolah Dasar Sebagai Bagian dari Pengembangan Pribadi Pembelajaran Puisi di Sekolah Dasar sebagai Bagian dari Pengembangan Pribadi. Prosiding Seminar Nasional “Pengembangan Ilmu Sosial, Humaniora dan Pendidikan untuk Membangun Karakter Bangsa. pp. 1-14. ISSN 9789790283244
|
Text
19-L0047.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (358kB) | Preview |
Abstract
Upaya pengembangan pribadi yang utuh sebagaimana dicita-citakan Bangsa Indonesia merupakan tanggung jawab semua unsur, khususnya pendidik melalui penyelenggaraan pendidikan yang komprehensif. Persoalan pembelajaran yang lebih menekankan pada pembentukan aspek pribadi secara tidak berimbang merupakan masalah yang hingga saat ini masih menjadi permasalahan di Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran membaca puisi di SD idealnya dapat menjadi satu sarana pengembangan sisi kemanusiaan siswa, mencakup pengembangan pemahaman diri, orang lain, kemampuan berolah rasa, pembentukan cita-rasa estetis, serta pembentukan karakter. Pengembangana aspek-aspek tersebut dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui pengembangan kemampuan reseptis dengan kegiatan pembelajaran membaca puisi dan bentuk-bentuk pengembangan kemampuan produktif dengan kegiatan pembelajaran menulis puisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information (ID): | 19/L0047 |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran puisi, sekolah dasar, pengembangan pribadi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) 800 Literature > 800-809 Literature Theory and Rhetoric (Teori Kesusastraan dan Retorika) > 808.1 Rhetoric of Poetry (Retorik Puisi) 800 Literature > 810-819 Indonesian Literatures (Kesusastraan Indonesia) > 811 Indonesian Poetry (Puisi Indonesia, Sajak Indonesia, Syair Indonesia) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | David NP |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 09:49 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 09:49 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8572 |
Actions (login required)
View Item |