Widuroyekti, Barokah (2014) Pembelajaran Reflektif dan Pengembangan Kompetensi Menulis untuk Menyiapkan Guru SD Profesional. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VI Tahun 2014. pp. 931-948. ISSN 9789790119239
|
Text
19-L0051.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (654kB) | Preview |
Abstract
Implementasi kurikulum 2013 membutuhkan guru yang memiliki profesionalitas dalam melaksanakan pembelajaran. Guru profesional sesuai dengan idealisme kurikulum 2013 memiliki kemampuan merefleksi pembelajaran dan melakukan penelitian tindakan kelas. Menulis proposal penelitian merupakan bagian dari kompetensi profesional guru untuk melakukan kegiatan penelitian di kelasnya sendiri. Kegiatan refleksi tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan dan dilakukan dengan metode berpikir ilmiah. Melalui proses pembelajaran dalam tutorial tatap muka, mahasiswa PGSD UT dilatih untuk mengembangkan kemampuan refleksi terhadap pengalaman pembelajarannya dengan bimbingan tutor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran reflektif dan peningkatan kemampuan menulis proposal pada mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mahasiswa program PGSD Kelompok Belajar Bojonegoro. Data proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran reflektif. Data peningkatan kompetensi menulis dikumpulkan melalui kinerja penulisan proposal PTK. Proses pembelajaran reflektif dilakukan dengan langkah-langkah: pengenalan konteks, penyajian pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Melalui keterlibatan secara aktif dengan merefleksi pengalaman pembelajaran, mahasiswa menggali makna secara mendalam materi yang dipelajari. Hasil implementasi model pembelajaran reflektif menunjukkan bahwa kompetensi menulis mahasiswa meningkat dari siklus ke siklus. Hasil penelitian merekomendasikan: tutor memfasilitasi terjadinya proses refleksi pembelajaran yang telah dilakukan dengan waktu yang memadai; (2) memberikan tugas menulis dan melakukan refleksi tugas secara berkelanjutan sampai dihasilkan proposal penelitian yang baik pada akhir proses tutorial; (3) menyediakan layanan tutorial melalui media internet (email) untuk mengatasi keterbatasaan waktu tutorial.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information (ID): | 19/L0051 |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran reflektif, kompetensi menulis, guru profesional |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | David NP |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 10:03 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 10:04 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8576 |
Actions (login required)
View Item |