Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Discovery dan Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Selatan

Dewi, Masna (2019) Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Discovery dan Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43807.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar IPA dan Keterampilan proses sains siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery dan lnkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian yaituseluruh siswa kelas V yang sekolah di SDN Padangsidimpuan Utara. Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sampel penelitian hanya dua kelas yaitu kelas V di SDN 200215 Padangsidimpuan dan Va di SDN 200206 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes basil belajar IPA dan lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (l)terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajar dengan model pembelajaran Discovery dan Inkuiri Terbimbing; (2) terdapat perbedaan peningkatan Keterampilan proses sains siswa kelas V yang diajar dengan model pembelajaran Discovery dan lnkuiri Terbimbing; (3) hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery mempunyai peningkatan skor lebih tinggi dari pada lnkuiri Terbimbing; dan (4)Keterampilan proses sains siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery lebih baik daripada Inkuiri termbimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43807.pdf
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Science Process Skills, Discovery Learning Models,Guided Inquiry Learning Models Hasil Belajar IPA, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Discovery, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:45
Last Modified: 23 Oct 2019 03:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8683

Actions (login required)

View Item View Item