Alnahori, (2019) Implementasi Program Penilaian Pendidikan Melalui Penyusunan dan Pelaksanaan UAS Bersama Berbasis CBT Tingkat SMP di Kabupaten Sukamara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43724.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pemerintah Kabupaten Sukamara telah melakukan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di daerahnya melalui berbagai proyek/program atau kegiatan yang salah satunya yaitu program penyusunan soal dan pelaksanaan UAS bersama berbasis CBT (Computer Based Test). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara sistematik, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi di lapangan mengenai Implementasi Program Penilaian Pendidikan Melalui Penyusunan Soal dan Pelaksanaan UAS Bersama Serbasis CST Tingkat SMP di Kabupaten Sukamara., jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara (interview), observasi (observation), penelitian kepustakaan (library research), dan studi dokumentasi (documentary), instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman, uji keabsahannya yaitu: derajat kepercayaan (credibility), kebergantungan (dependability), kepastian (confinnability). Kesimpulan penelitian sebagai berikut: (I) Implementasi program penilaian pendidikan melalu1 penyusunan soal dan pelaksanaan UAS bersama berbasis CST tingkat SMP di Kabupaten Sukamara memiliki payung hukum. Komunikasi program sudah bcrjalan dengan baik tetapi belum optimal, dikarenakan komunikasi/sos1alisasi program tidak dilakukan berupa suatu kegiatan khusus atau tersendiri melainkan hanya mendopleng pada kegiatan lainnya, sedangkan untuk di tingkat sekolah sudah berjalan dengan baik, tetapi belum dilakukan melalui kegiatan khusus hanya pada moment-moment tertentu saja. Sumber daya implementasi program sudah cukup baik tetapi belum lengkap dan berdaya guna dan berhasil guna secara maksimal, pada saat pelaksanaan UAS bersama ada komputer mengalami trouble, adanya pemadaman listrik PLN, kurangnya jumlah komputer yang digunakan, masih rendahnya honorarium yang diberikan. (2) Faktor yang mempengaruhi implementasi program, yang positif adalah: adanya sumberdaya peralatan yang memadai, adanya proktor dan teknisi sekolah yang cukup terampil, adanya infrastruktur laboratorium komputer, adanya sumber daya dana dalam pelaksanaan, adanya aplikasi Hexam, dan adanya kerjasama yang baik dengan pihak PLN atau swasta lainnya. Sedangkan yang negatif adalah: sosialisasi yang masih kurang, waktu kegiatan penyusunan soal yang pendek, jadwal pelaksanaan UAS bersama berbasis CBT yang berubah-ubah. kerusakan peralatan penunjang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43724.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Implementation, Educational Asscssment Program, Joint UAS, CBT, Middle School Level. Sukamara, Implementasi, program penilaian pendidikan, UAS Bersama, CBT, SMP, Sukamara. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373 Secondary Education (Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 06:41 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 09:21 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8692 |
Actions (login required)
View Item |