Pengaruh Minat Belajar, Kepercayaan Diri, dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Nomor 070975 Kota Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018

Harefa, Rudiman (2019) Pengaruh Minat Belajar, Kepercayaan Diri, dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Nomor 070975 Kota Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43855.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian: 1) Menganalisis pengaruh minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. 2) Menganalisis pengaruh kepercayaan diri dengan basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. 3) Menganalisis pengaruh aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. 4) Menganalisis pengaruh minat belajar, kepercayaan diri, dan aktivitas belajar secara simultan terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Nomor 070975 Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 39 orang siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan tingkat eksplanasi asosiatif. Data minat belajar dan kepercayaan diri dikumpulkan dengan menggunakan angket, masing-masing sebanyak 20 butir dengan 4 skala likert. Data aktivitas belajar dikumpulkan melalui observasi sedangkan data hasil belajar diperoleh dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN. Sebelum digunakan sebagai instrumen penelitian, angket terlebih dahulu diujicobakan. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh minat belajar dengan basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. Minat belajar memberikan pengaruh sebesar 70,48% terhadap hasil belajar siswa. 2) Ada pengaruh kepercayaan diri dengan basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. Kepercayaan diri memberikan pengaruh sebesar 54,S0% terhadap basil belajar siswa. 3) Ada pengaruh aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. Aktivitas belajar memberikan pengaruh sebesar 64,91% terhadap hasil belajar siswa. 4) Ada pengaruh minat belajar, kepercayaan diri, dan aktivitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Nomor 070975 kota Gunungsitoli tahun pelajaran 2017/2018. Ketiga variabel bebas dimaksud memberikan pengaruh sebesar 74,50% terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43855.pdf
Uncontrolled Keywords: learning interest, confidence, learning activity, learning outcomes,Minat belajar, kepercayaan diri, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:38
Last Modified: 29 Oct 2019 09:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8701

Actions (login required)

View Item View Item