Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Gunung Pasir Jaya Kabupaten Lampung Timur

Kristianti, Eka (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Gunung Pasir Jaya Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43750.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujnan untuk mengetahui: (1) apakah peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran jigsaw memiliki kemampuan berpikir kritis matematis lebih bail: daripada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran ekspositori (2) apakah teradapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didikik antara motivasi tinggi, kelompok motivasi sedang dan kelompok motivasi rendah pada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran jingsaw dengan peserta didik yang memperoleh metode pembelejaran ekspositori (3) apakah terdapatinteraksi antar factor terkait dengan kemampuan berfikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalah penalitian ini adalah siswa SDN Gunung Pasir Jaya Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa kelas VA dan kelas VB SD Negeri Gunung Pasir Jaya. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (I) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik antara kelas yang menggunakan metode. pembelajaran ,kooperatif tipe jingsaw dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaritn ekspositori. (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis . meiiggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pada peserta didik yang memiliki motivasi tinggi, sedang, dan rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dengan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43750.pdf
Uncontrolled Keywords: Jigsaw method, learning motivation, critical thingking ability,Metode pembelajaran jigsaw, motivasi belajar, kemampuan berfikir kritis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2019 06:29
Last Modified: 04 Nov 2019 02:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8714

Actions (login required)

View Item View Item